Jumat, 19 Desember 2014

Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Mahasiswa

Berabad-abad lamanya manusia hidup dalam kebodohan, tanpa kita sadari sudah lama kita dipengaruhi oleh teknologi zaman sekarang yang semakin maju. Banyak orang yang kecanduan oleh gadget-gadget dan menjadi autis. Memang kemajuan teknologi sangat ditunggu-tunggu oleh semua kalangan orang di penjuru dunia, oleh karena itu orang banyak menciptakan teknologi-teknologi yang sangat canggih dengan sangat cepat dan tanpa ada penyaringan. Akan tetapi kemajuan teknologi dan cara penggunaan yang salah atau berlebihan dari penggunaan gadget akan menimbulkan dampak yang negative bagi pertumbuhan anak.
            Kemajuan dan kecanggihan teknologi memang memudahkan kita untuk mencari sesuatu untuk lebih cepat memperoleh suatu informasi, akan tetapi kemajuan teknologi juga  bisa memberikan dampak yang negatif bagi para penggunanya, gadget bisa membuat anak-anak dibawah umur untuk membuka sesuatu yang membuat mereka penasaran dan sehingga anak-anak tesebut mampu memperoleh informasi tanpa ada penyaringan dan pengawasan dari orang tua. Penggunaan gadget akan berdampak negative bagi anak-anak dan remaja terutama yang masih dibawah umur, bagi anak-anak dibawah umur penggunaan gadget haruslah di damping dan di awasi oleh orang tua agar apa yang dicari oleh anak tersebut dapat terpantau oleh orang tuanya. Selain itu gadget juga bisa membuat remaja menjadi autis secara tidak langsung.
            Kekuatan dari gadget itu sendiri bagi orang yang sering menggunakan tanpa ada tujuan yang jelas gadget mampu menjauhkan orang-orang yang dekat dan bisa mendekatkan orang-orang yang jauh. Sedangkan untuk mahasiswa sendiri dampak gadget tersebut akan membuat mahasiswa menjadi lebih pasif dan tidak fokus dalam proses pembelajaran. Berikut adalah fakta positif dan negatif terhadap kepribadian mahasiswa.

·         Fakta Positif :
1.    Para mahasiswa tidak gagap teknologi, mahasiswa dapat mengikuti perkembangan era teknologi dan mahasiswa lebih produktif, efektif serta efisien dalam waktu, energy, dan biaya.
2.    Mahasiswa bisa menggunakan smartphone untuk mencari informasi melalui internet.

·         Fakta Negatif :
1.      Banyak mahasiswa yang mempunyai smartphone sehingga dalam proses perkuliahan hanya digunakan untuk bbman dan smsan tanpa memperhatikan materi yang diberikan oleh dosen.

2.      Sebagian mahasiswa yang memiliki handphone alat komunikasi tersebut banyak digunakan untuk saling melakukan kcuranga saat ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar